Spot Surfing di Lombok Paling Recommended

Surfing di Lombok : Kabupaten Lombok Tengah sangat kaya dengan potensi wisata, mulai dari wisata budaya hingga wisata alamnya yang menawan. Belum lagi wisata lautnya dengan pasir putih yang menawan dan ombak lautnya yang sangat cocok untuk berselancar. Tinggal sekarang bagaimana keseriusan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, pengelola pariwisata dan masyarakat sekitarnya dalam menciptakan keamanan dan suasana kondusif.

Pantai Lombok Tengah bagian selatan yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia adalah kekayaan alam dari Yang Maha Kuasa bagi penduduk di Bumi Tatas Tuhu Trasna tersebut.

Pasir putih yang menghampar sepanjang pantai Lombok Selatan dengan deburan ombak besar sangat cocok untuk melakukan surfing (berselancar). Salah satu contohnya adalah Teluk Gerupuk, sekitar 5 kilometer dari Hotel Novotel Coralia Lombok. Di teluk ini terdapat lima point (tempat) yang sangat cocok untuk berselancar.


Lima tempat berselancar di Teluk Gerupuk ini dinamakan sesuai dengan nama kota asal wisatawan yang paling banyak dikunjungi. Lokasi selancar di Pantai Perigi dinamakan Tokyo Point atau Bumbang Bay.

Nama ini sesuai dengan para peselancar yang banyak melakukan selancar di tempat ini yakni dari Jepang. Begitu juga di Batulawang dinamakan Kodomo Point, Giligolong (obai/rolacosta), Dondon (Kamek point) dan Terasak (Takar-akar).

Sayang, untuk menuju kelima point ini, paling tidak para wisatawan harus menyeberang dengan menggunakan boat melalui tempat penyeberangan di Pantai Gerupuk. Sama halnya jika para wisatawan yang ingin menikmati keindahan laut di tiga Gili yang ada di Lombok Utara, mereka harus menyeberang melalui Pantai Bangsal Tanjung.

Wisatawan yang paling menggemari tempat berselancar di Gerupuk adalah wisatawan Jepang. Bulan Oktober sampai Maret merupakan bulan kunjungan wisatawan asal negeri Sakura ini. Sementara wisatawan lain asal Amerika Serikat, Australia dan Eropa lainnya sering berselancar pada bulan Juni, Juli dan Agustus.


Pada musim liburan, wisatawan Nusantara asal Jakarta, Jawa Barat dan Yogyakarta juga tidak melewatkan untuk menikmati indahnya berselancar di Teluk Gerupuk. ”Terkadang kalau mereka datang ke sini, tidak hanya berselancar tetapi sambil belajar. Ini mendatangkan keuntungan tersendiri bagi para guide.

Dari Pantai Gerupuk menuju lokasi selancar yang ditempuh dalam waktu 20 menit.

Sebenarnya masih ada banyak lagi spot surfing di lombok yang tak kalah menarik yang akan kami bahas pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.